THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERCEPTION TOWARD FLIPPED CLASSROOM METHOD AND THEIR LEARNING OUTCOMES

Publikasi Unusia

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERCEPTION TOWARD FLIPPED CLASSROOM METHOD AND THEIR LEARNING OUTCOMES

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERCEPTION TOWARD FLIPPED CLASSROOM METHOD AND THEIR LEARNING OUTCOMES
Penulis: MUTHIAH RAHMAH KHAIRUNNISA
Abstrak: MUTHIAH RAHMAH KHAIRUNNISA, NIM 1830104042, judul skripsi “The Correlation Between Students’ Perception Toward Flipped Classroom Method and Their Learning Outcomes” Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah adanya Flipped Classroom sebagai metode pembelajaran gabungan antara daring dan luring yang digunakan oleh dosen pada mata kuliah Introduction to English Literature untuk terciptanya lingkungan belajar yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dengan penggunaan metode ini, terdapat perbedaan persepsi mahasiswa baik negatif maupun positif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap metode flipped classroom dan hasil belajar mahasiswa di kelas Introduction to English Literature. Jenis penelitian ini adalah kuantitaitf yang berbentuk korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester kelima yang mengambil mata kuliah Introduction to English Literature di UIN Mahmud Yunus Batusangkar tahun Akademik 2021/2022 yang berjumlah 68 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Propotional Stratified Random Sampling yang mana sampel diambil dari keseluruhan populasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dari persepsi mahasiswa terhadap metode flipped classroom adalah angket. Sebelum digunakan, angket diuji validitas terlebih dahulu menggunakan try out. Ty out dilaksanakan dengan responden try out sebanyak 14 mahasiswa. Hasil dari try out didapatkan untuk angket persepsi terdapat 31 item valid dan 9 item revisi dari 40 item yang ada. Untuk hasil reliability angket persepsi mahasiswa adalah 0.953 yang mana berada pada tingkat reliabilitas. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk data hasil belajar menggunakan tes yang mana untuk pengumpulannya diambil dari nilai akhir mahasiswa pada mata kuliah Introduction to English Literature. Teknik Analisis data menggunakan korelasi Pearson product moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa r-hitung adalah 0.137. Sedangkan r-table= 0.339 dimana dapat dilihat bahwa r-hitung lebih kecil dari r-table. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap metode Flipped Classroom dan hasil belajar mahasiswa di kelas Introduction to English Literature UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Nilai signifikan berdasarkan SPSS versi 25 adalah 0.440 yang mana besar dari 0.05. artinya korelasi antara kedua variabel tidak signifikan sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
URI:
https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/H2En4rNBYnbuSmUqEfRXkw8QI7s1Z5yk.pdf
Tanggal: 2022-08-23


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1663120147558_2. fILE pdf.pdf 0byte application/pdf Lihat / Buka File "THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERCEPTION TOWARD FLIPPED CLASSROOM METHOD AND THEIR LEARNING OUTCOMES"
1671500558125_M ... AIRUNNISA-PERPUSTAKAAN.pdf 1.472Mb application/pdf Lihat / Buka File "THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERCEPTION TOWARD FLIPPED CLASSROOM METHOD AND THEIR LEARNING OUTCOMES"
1671500560404_hijau.jpg 428.4Kb image/jpeg Lihat / Buka Gambar "THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERCEPTION TOWARD FLIPPED CLASSROOM METHOD AND THEIR LEARNING OUTCOMES"

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya